Mengapa Rata-rata Lampu Jalanan Berwarna Kuning?

mengapa lampu jalanan berwarna kuning

Penerangan di malam hari telah menjadi kebutuhan seluruh manusia di muka bumi. Aktivitas mereka sudah tidak terbatasi waktu. Mereka memulai aktivitas rata-rata adalah pagi. Tapi tak menutup kemungkinan bagi beberapa orang, justru malam merupakan waktu untuk keluar rumah. Dari sinilah, penerangan jalan mutlak ada. Hal tersebut sangat membantu aktivitas manusia yang lalu-lalang melewati jalanan.

Tiang-tiang lampu jalan yang tegak berdiri menyinari kondisi jalan umum maupun jalan kecil membantu pengguna jalan untuk melihat pandangan sekitar dengan jelas. Tak hanya sumber lampu yang terpancar dari kendaraan, namun juga dibantu lampu-lampu jalanan yang berdiri di pinggir jalan.

Namun, pernahkah Anda amati, mengapa lampu-lampu tersebut rata-rata berwarna kuning? Lampu-lampu kuning itu, jelas berbeda dengan lampu ruangan rumah Anda yang serba putih. Padahal telah diketahui bahwa lampu putih justru lebih dipakai orang-orang untuk menerangi ruangan. Adakah alasan di balik pemilihan dan pemasangan lampu kuning tersebut? Di artikel kami kali ini akan kami paparkan, alasan mengapa lampu jalanan berwarna kuning :

Lampu Kuning Tidak Menyilaukan Pandangan

Alasan pertama penggunaan lampu kuning di jalanan adalah agar keberadaan penerangan di suatu tempat tidak menyilaukan pandangan pengguna jalan yang lewat. Berbeda dengan lampu putih, lampu ini justru lebih menyilaukan. Walaupun keduanya sama-sama termasuk jenis lampu yang terang.

Atas dasar keamanan pengguna jalan, cahaya tiang lampu jalan raya dipasang warna kuning.

Lampu Kuning Mampu Menembus Kabut dan Hujan

Kelebihan lampu kuning yang lain adalah mampu menembus kabut-kabut yang menyelimuti area perjalanan. Jadi, pengguna jalan tak perlu khawatir ketika melewati jalan yang dipenuhi kabut tebal. Walaupun jarak pandang Anda menjadi terbatas di kabut malam hari, selama lampu-lampu kuning menyala, maka Anda masih tetap melihat dengan jelas arah jalan Anda.

Lampu kuning juga mampu menembus hujan yang lebat, berbeda dengan lampu putih. Ketika hujan, lampu putih justru akan berfungsi sebagai cermin. Jadi hal ini lah menjadi pengganggu. Hujan yang lebat sendiri, tentu sangat menghambat laju kendaraan Anda. Pandangan ke depan akan sangat terbatas, mungkin bagi para pengendara sepeda motor, yang tidak menutup kaca helmnya, akan membua mata mereka makin perih, dan berakhir pada pandangan yang buram.

Dari sinilah, selama lampu-lampu penerang jalan warna kuning tetap menyala beserta lampu kendaraan Anda, maka tak perlu khawatir, hal tersebut makin mempermudah laju perjalanan Anda.

Demikian alasan mengapa lampu jalanan berwarna kuning sering dipilih untuk menerangi perjalanan Anda di malam hari. Kami, Zwilling Teknindo Perkasa siap sedia bekerja sama memberi penerangan untuk perjalanan Anda.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *