Peran Penting Tiang PJU Bagi Pengguna Jalan

Pada umumnya tiang PJU pasti selalu dijumpai orang-orang, terutama saat mereka sering pulang kerja atau beraktivitas melewati jalan umum/raya di malam hari. Tiang ini biasa diletakkan di ruas tengah jalan raya, secara berjajar, dan berjarak. Atau jika jalanan dengan kondisi kecil, maka akan diletakkan di pinggir jalan. Tiang-tiang ini akan membantu penerangan jalan di malam hari, hingga para pejalan kaki, pengendara sepeda, sepeda motor, maupun mobil dimudahkan untuk melihat dengan jelas kondisi jalan saat gelap.

Tiang PJU yang merupakan singkatan dari Tiang Penerangan Jalan Umum adalah struktur penting dalam kaitannya dengan penerangan jalan. Seringkali tiang PJU luput dari pantauan masyarakat pada umumnya. Padahal jika Anda amati secara detil, kondisi jalan raya yang terang adalah hasil dari penerangan tiang PJU, bukan hanya dari lampu yang terpancar dari kendaraan pribadi.

Dari sinilah bisa diketahui bahwa manfaat-manfaat yang bisa didapat para pengguna jalan di antaranya:

Memberi Penerangan di Malam Hari

Di tengah-tengah kondisi malam yang gelap, pencahayaan selain dari sumber lampu kendaraan bermotor adalah dari tiang PJU (Penerangan Jalan Umum). Deretan lampu yang berdiri tegak berjarak inilah yang membantu pengguna jalan untuk melihat kondisi sekitar dengan jelas.

Navigasi Pengguna Jalan

Pernah Anda melewati jalanan yang berkelok-kelok misalnya seperti akses menuju puncak atau dataran tinggi? Nah, peran tiang PJU di sini sangat penting sebagai pemandu arah jalan di malam hari. Biasanya tiang PJU akan diletakkan di sekitar ujung belokan. Sehingga para pengguna mengetahui persis arah perjalanannya.

Meningkatkan Keselamatan dan Keamanan Pengguna Jalan

Tentu, di dalam sebuah perjalanan keselamatan dan pengguna jalan adalah hal yang utama. Apapun resiko di jalan akan ditekan sekecil mungkin agar pengguna jalan tetap selamat sampai tujuan. Mengingat situasi di malam hari yang minim cahaya, maka penerangan di jalan adalah hal yang mutlak ada. Dengan adanya tiang PJU inilah yang meminimalisir resiko kecelakaan di malam hari.

Idealnya, tiang PJU sebagai faktor keselamatan dan keamanan pengguna jalan juga harus memperhatikan beberapa hal seperti, pencahayaan yang kuat, dengan catatan tidak menyilaukan pandangan. Yang kedua, pencahayaan yang dipancarkan rata. Ketiga, tidak memberi pengaruh warna di obyek benda sekitar. Selain itu, di saat kondisi berkabut lampu sinar tiang PJU mampu menembusnya. Dan yang terakhir, kuat sinar yang dipancarkan tetap aman bagi pengguna jalan.

Memberi Nilai Estetika untuk Lingkungan

Selain 3 manfaat di atas, tiang PJU juga bernilai estetik bagi sebuah wilayah/ daerah. Nilai estetik ditunjukkan dari bentuk visual tiang PJU. Seperti bentuknya yang artistik, memiliki kombinasi warna yang menarik, bersifat antik, dan cukup menarik jika dilihat pengguna jalan. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak pada citra dari wilayah atau daerah tersebut.

Bisa disimpulkan bahwa tiang PJU sangat dibutuhkan untuk mempermudah aktivitas manusia khususnya saat malam hari. Pengguna jalan bisa terhindar dari lubang jalan, meminimalisir tindak kejahatan dan masyarakat tidak khawatir lagi jika akan bepergian melewati jalanan yang gelap.

Di pinggir maupun di beberapa titik sudut jalan alangkah baiknya telah terpasang tiang-tiang PJU ini. Bagi beberapa wilayah yang masih minim penerangan tiang PJU, tak perlu khawatir, kami Zwilling Lampu siap untuk membantu. Kami memiliki beragam model Tiang PJU yang bernilai artistik dan estetik yang siap memberi penerangan di wilayah Anda.

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *