Seberapa Penting Tiang Lampu untuk Penataan Kota?

Seberapa Penting Tiang Lampu untuk Penataan Kota

Perkotaan identik dengan keberadaan gedung-gedung tinggi, bangunan-bangunan yang tak terhitung banyaknya, keramaian dan kemacetan jalanan. Tak heran, masyarakat menganggap kota sebagai tempat untuk merantau, mencari pekerjaan, serta mencari nafkah/rejeki. Karena makin banyaknya orang yang bergantung di pekerjaan yang ada di wilayah kota inilah, membuat kondisi kota makin padat.

Dalam kaitannya penataan kota, hal ini menjadi poin yang perlu diberi perhatian. Seperti kelestarian alam yang seharusnya dijaga, sistem drainase yang harus dijaga, dan sistem penerangan yang menjadi nilai tambahan dan harus diperhatikan. Dalam pemaparan kali ini, kami akan menyampaikan pentingnya penataan tiang lampu yang berdampak pada tata letak dan keindahan kota.

Lalu lintas di perkotaan, tentu akan jauh berbeda dengan di desa. Jika, saat di kota waktu menunjukkan malam/ tengah malam, orang-orang masih berada di pinggir-pinggir jalan, dan lalu lintas masih terhitung padat. Dari sinilah peran penerangan jalan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Idealnya sebuah kota di malam hari menyediakan penerangan yang cukup untuk masyarakat. Berikut paparan singkat tentang nilai penting keberadaan tiang lampu untuk keindahan tata letak kota :

Memperindah Kondisi Kota yang Umumnya Riuh dan Ramai

Pernahkah Anda melihat Jakarta di malam hari? Ya, jajaran lampu-lampu jalan yang berjumlah puluhan menghiasi gedung-gedung, bangunan, dan jalan raya. Hal tersebut makin menambah daya tarik kota metropolitan ini. Beragam cahaya yang dipancarkan tiang-tiang lampu tersebut juga mempercantik kota Jakarta.

Kota Jakarta menjadi contoh yang riil terkait penataan sistem penerangan yang baik. Bisa Anda lihat barisan lampu yang berjajar rapi, membagi dua ruas jalan di sana, semakin menambah suasana hangat dan syahdu.

Dari sinilah pentingnya tiang-tiang lampu yang terpasang di jalanan membuat tata letak kota makin indah.

Mempermudah Aktivitas Masyarakat

Sebuah kota jika sistem penerangan jalan tidak dijaga, maka akan menghambat aktivitas orang-orangnya. Misalnya, pedestrian, taman, jalan umum/ raya perlu didukung kondisi penerangan yang cukup. Tiang lampu yang dipasang di pinggir pedestarian akan membantu orang-orang yang lewat agar melihat dengan jelas kondisi sekitar. Sehingga mereka akan merasa nyaman dan aman.

Tidak Mengganggu Perjalanan Orang-orang di Kota

Walaupun lampu-lampu yang berjajar rapi dan tersebar di beberapa titik wilayah/ daerah kota akan mendatangkan kesan indah, hangat. Namun, dalam pemasangannya tetap harus memperhatikan kaidah-kaidah keamanan pengguna jalan. Seperti pembatasan cahaya agar tidak menyilaukan mata. Pandangan silau terjadi saat pengguna jalan melewati sebuah tiang lampu yang memiliki cahaya yang berlebih. Hal ini pasti membuat pengguna jalan merasa sangat tidak nyaman.

Maka dari sinilah, walaupun penerangan jalan menggunakan tiang lampu sangat penting, namun pertimbangan keamanan juga tak kalah pentingnya. Keindahan tetap berbanding lurus dengan keamanan dan keselamatan orang-orang.

Selain keindahan dan kerapian penataan kota dipengaruhi oleh adanya Tiang Lampu, ada produk lain yang tak kalah penting untuk mendukung penataan kota jauh lebih baik. Seperti misalnya untuk tata drainase perkotaannya, maka perlu adanya grill-manhole cover. Dalam hal penataan jalan perkotaan, maka juga perlu tiang papan nama jalan, RPPA, bollard. Atau dalam hal penataan pedestrian perkotaan, maka perlu kursi untuk istirahat, halte, sandaran sepeda, treesgate dan treescase.

Pentingnya produk-produk Zwilling Lampu lainnya untuk tata kota akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *