3 Ikon Wisata Terkenal di Indonesia Karena Penataan Lampunya

ikon wisata karena penataan lampu

Pengabadian sebuah momen kini telah menjadi sebuah keharusan. Apalagi semenjak teknologi smartphone hadir di tengah-tengah masyarakat. Mereka dengan mudahnya mengeluarkan smartphone dari saku untuk berfoto di berbagai tempat wisata yang dianggap memang benar-benar instagramable. Kriteria destinasi wisata yang sering dikunjungi masyarakat pun kian hari telah bergeser.

Dulu, orang-orang akan mendatangi wisata dengan tujuan berlibur dan melepas penat, namun sekarang masyarakat akan mempertimbangkan terkait keindahan wisata yang akan dituju. Apakah wisata tersebut bagus untuk dijadikan obyek foto? Apakah wisata/ tempat yang dituju menjadi ikon suatu daerah? Maka dari sinilah tak heran, pemerintah daerah setempat berlomba-lomba untuk menyiapkan atau bahkan mengubah sebuah tempat menjadi destinasi wisata agar ramai dikunjungi masyarakat.

Tujuan pembangunan tersebut tak lain untuk membuat ikon daerah menjadi lebih dikenal masyarakat luar. Pemerintah daerah tak hanya merombak sebuah tempat menjadi destinasi wisata di siang hari, melainkan juga malam hari. Beragam upaya dilakukan agar tempat-tempat tersebut menjadi indah di malam hari. Mulai dari mengonsep, menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan hingga memilih sistem penerangan yang kualitasnya terjamin. Termasuk memilih tiang lampu dan lampu hias yang akan menyinari wisata di waktu malam.

Berikut ini akan kami paparkan beberapa tempat wisata yang indah dinikmati di sore hingga malam hari, tapi tetap tak kalah untuk diabadikan melalui foto karena keindahan tiang lampu yang menghiasinya:

Jalan Braga di Kota Bandung

Jalan Braga adalah sebuah nama jalan utama yang ada di Kota Bandung. Jalan Braga membentang sepanjang 700 m. Nama jalan ini masih sama, belum pernah diubah sejak jaman Hindia Belanda. Dari arti Braga sendiri bermakna “Bergaya”, menunjukkan bahwa jalan ini eksis dengan bangunan-bangunan tua/lama peninggalan Hindia Belanda yang dipadu-padankan dengan model kekinian. Selain itu juga terdapat toko-toko elit bergaya Eropa, cafe, mall, restoran, dan pusat perbelanjaan.

Kawasan Jalan Braga menjadi tempat favorit untuk dikunjungi dan akan ramai jika sudah memasuki akhir pekan/ hari libur. Anak-anak muda akan berlalu lalang di sepanjang jalan Braga. Beberapa pengunjung asing atau lokal juga tak kalah, mengabadikan momen-momen penting dan indah ini. Jalan Braga di malam hari makin indah untuk dikunjungi, karena penataan dan pencahayaannya yang cukup memukau mata. Di sepanjang jalan, berdiri tiang-tiang lampu yang indah, elegan dan artistik. Hal ini semakin menambah ciri khas jalan Braga.

Jembatan Ampera di Palembang

Jembatan Ampera menjadi simbol kebanggaan masyarakat Palembang. Jembatan ini dibangun untuk mengubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Kian bertambah tahun, Jembatan Ampera mengalami banyak perubahan dan peremajaan. Di malam hari, jembatan Ampera dihiasi lampu-lampu yang indah dan eksotis. Pencahayaan yang eksotis inilah makin membuat wisatawan jatuh cinta dengan Kota Palembang.

Anda bisa menikmati keindahan Jembatan Ampera pada sore/ malam hari di pinggir Sungai Musi. Akan tampak pula perahu-perahu kayu yang lewat. Biasanya beberapa perahu kayu disewakan untuk menyusuri Sungai Musi dan keindahan Jembatan Ampera yang gemerlap cahaya lampu.

Tiang-tiang lampu dan lampu hias yang mengitari Jembatan Ampera inilah hasil pengelolaan dan penataan lampu oleh pemerintah setempat.

Jalan Malioboro di Yogyakarta

Jika di Bandung ada Jalan Braga, maka di Yoyakarta ada Jalan Malioboro. Mayoritas menyebutnya dengan Malioboro saja. Kawasan ini adalah ruas jalan yang sangat legendaris dan fenomenal di kota Yogyakarta. Di sepanjang jalan Anda akan disuguhi dengan beragam wisata belanja mulai dari baju, aksesoris, tas, sepatu, kuliner hingga musisi jalanan.

Biasanya Malioboro menjadi tempat singgah terakhir jika sudah mengelilingi kota Yogyakarta. Sehingga Anda bisa bebas memilih makanan dan buah tangan khas Yogya. Kini, beberapa fasilitas umum mulai ditambah seperti bangku-bangku kayu yang berjejer di pinggir jalan serta gemerlap lampu-lampu yang indah, mewah dan eksotis di malam hari.

Tiang-tiang lampu dengan ornamennya turut menambah ciri khas tempat ini.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *