Memilih Lampu Taman yang Tepat

Pencahayaan dalam sebuah taman tentu saja menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain sebagai penerang, juga untuk mempercantik tampilan dari taman itu sendiri. Namun untuk membuat taman menjadi lebih menarik, tentu saja pemilihan lampu taman juga harus diperhatikan dan tidak bisa sembarangan.

Terdapat beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan pada saat ingin memilih lampu taman. Sehingga nantinya dalam pemilihannya akan lebih tepat dan dapat mencitrakan konsep taman secara lebih baik. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan:

Sesuaikan Desain Lampu Taman

Lampu taman mempunyai banyak jenis yang dapat didesain untuk tujuan yang berbeda. Pemilihan dari desain lampu yang tidak tepat tentu bisa membuat taman menjadi tidak menampilkan keindahannya secara maksimal. Misalnya konsep taman modern diberi tiang lampu dengan desain klasik, atau konsep taman mewah dengan banyak tanaman hanya diberi tiang lampu minimalis.

Pilih Lampu Taman Hemat Energi

Lampu yang ditempatkan di taman, ada baiknya jika konsumsi energi listrik yang lebih hemat. Sehingga nantinya biaya bulanan yang dikeluarkan tidak terlalu membebani.

Oleh karena itu penggunaan lampu dengan jenis LED saat ini lebih dipertimbangkan saat mendesain taman untuk taman kantor ataupun kota.

Selain itu lampu LED yang ada di taman, biasanya juga dilengkapi dengan panel surya untuk sumber tenaga. Jadi nantinya lampu tersebut tidak tergantung dengan jaringan listrik untuk bisa menerangi area yang ada di sekitarnya.

Dengan system panel surya juga tidak memutuhkan saklar, karena biasanya sudah ada sensor yang memunkinkan saat lampu mati di siang hari dan akan menyala di malam hari.

Pilih Daya Tahan Lebih Lama

Lampu untuk taman tentu harus mempunyai daya tahan yang cukup lama. Jadi pastikan lampu tersebut bisa bertahan di semua cuaca. Terlebih lampu ditempatkan di luar ruangan dan terekspose cuaca dingin dan panas.

Maka dari itu bahan tiang lampu yang kami rekomendasikan dari urutan bawah yaitu pipa blacksteel, pipa galvanis dan pipa stainless steel sus304.

Pilih Warna Kontras

Pemilihan warna kontras sangat bagus untuk bisa lebih menampilkan suasana taman yang lebih hidup, sehingga akan lebih menarik. Warna hitam pekat bisa saja cocok untuk lampu jalan atau trotoar, tapi untuk taman, warna hitam solid kurang direkomendasikan karena kurang memberikan kekontrasan dengan tanaman-tanaman/ pohon-pohon besar.

Namun, hitam juga bisa saja diletakkan di taman asal penempatannya tidak terhalang oleh pohon. Dengan kata lain ditempatkan di area yang terlihat luas.

Maka dari itu warna hidup seperti warna tembaga, gold, putih dapat lebih aman dipilih karena kontras dengan warna hijaunya taman dan lebih menarik dipandang.

Itulah beberapa tips dalam memilih tiang lampu taman yang tepat. Jika anda bingung mana lampu yang tepat bagi taman anda, konsultasikan bersama tim kami melalui whatsapp di 0822-2666-3377. Konsultasi gratis!

Comments are disabled.