manhole cover jepang

Siapa yang tak kenal negara Jepang? Negara di timur asia ini merupakan salah satu negara paling progresif dalam inovasi di benua Asia bahkan dunia. Inovasi-inovasi yang dilakukan negara Jepang tidak hanya soal teknologi, tetapi juga kultur, budaya, hingga seni.

Salah satu inovasi di bidang seni diterapkan pada Manhole Cover – sebuah komponen penutup lubang jalan dan sebagai akses masuk gorong-gorong bagi teknisi/ petugas kebersihan. Di Jepang manhole cover tidak didesain secara kaku dan bentuk motif-motif simple pada umumnya seperti di negara-negara lain. Jepang memberikan sentuhan seni dan budaya ke dalam pembuatan manhole covernya.

Lalu apa fakta menariknya?

Misi Mengubah Kesan Kumuh

Acap kali manhole cover dipandang sebagai komponen jalan yang kotor dan kumuh karena fungsi utamanya berhubungan dengan saluran got.

Pemerintah Jepang lantas berinisiatif mengajak masyarakat membuat desain menarik di atas permukaan tutup manhole. Saking seriusnya upaya pemerintah, bahkan diadakan kompetisi khusus yang terbuka untuk semua kalangan.

Perlahan manhole cover yang awalnya dipandang biasa saja bahkan kesan kumuh berubah menjadi kesan yang unik dan indah bahkan lucu.

Desain Manhole Cover Beragam

Desain manhole cover di Jepang ada yang bermotifkan floral (bunga), ornament-ornamen kekaisaran Jepang, kultur Jepang, hingga kartun otentik.

Setiap Gambar Memiliki Cerita Menarik

Meski desain manhole cover di Jepang ada banyak model dan motifnya, ternyata tidak dilakukan secara sembarangan. Setiap gambar memiliki cerita. Misalnya saja manhole cover di Perfektur Mie, Pulau Honshu yang menggambarkan ziarah ke kuil Ise. Kegiatan ini merupakan tradisi yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu.

Selain itu ada pula yang mengusung bangunan ikonik seperti di Osaka. Tutup saluran lubang got di sana ada yang berhiaskan gambar indah Osakajo (Kastil Osaka).

Jadi, sangat menarik dipandang bukan? Selain itu sangat instagramable (cocok untuk obyek-obyek pemotretan untuk isi feeds Instagram kawula muda). Kalau di Indonesia bagaimana ya?

Nah, bisa saja Indonesia menerapkan seni daerah ke dalam media manhole cover sebagai identitas daerah tersebut. Dan Kami Zwillinglampu.com siap menjadi mitra produsen manhole cover super custom dan super seni tersebut. Konsultasikan secara gratis melalui whatsapp kami di 0822-2666-3377

 

Comments are disabled.